18
Okt
09

RIWAYAT SINGKAT PENDIRI JEMAAT AHMADIYAH

Pendiri Jemaat Ahmadiyah, Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad a.s. berasal dari keluarga terhormat. Mirza adalah gelar yang biasa diberikan kepada kaum ningrat keturunan raja-raja Islam dinasti Moghul berasal dari Parsi (Iran). Sebutan Hadhrat biasa diberikan orang kepada wujud-wujud suci atau para rohaniawan. Sebutan Ghulam adalah nama keluarga. Sedangkan nama asli beliau adalah “AHMAD”.

Hadhrat Ahmad lahir pada tanggal 13 Februari 1835, bertepatan dengan 14 Syawal 1250 Hijrah, pada hari Jum’at di kediaman orang tua beliau sendiri, Mirza Ghulam Murthada, di dusun Qadian, yang terletak 36 mil dari kota Amritsar, Punjab, India. Keluarga Mirza yang menetap di dusun Qadian itu mempunyai hak atas seluruh Qadian dan berhak memungut pajak 5% dari tiga desa sekitarnya. Setelah mengalami kejayaan, kerajaan Moghul mengalami kepudarannya dan menjadi terpecah-pecah, lalu dilanda oleh kebangunan kembali raja-raja Hindu dan Sikh, hingga musnah sama sekali dengan datangnya Inggris.

Di zaman penjajahan Inggris ayahanda beliau berusaha mendapatkan kembali hak-hak atas tanah milik dengan membelanjakan puluhan ribu rupee untuk memenangkan tuntutan-tuntutan di meja hijau. Akan tetapi semuanya tidak berhasil. Sebagai ayah, Mirza Ghulam Murtadha menumpahkan banyak harapan kepada Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad, agar puteranya itu kelak dapat berjuang untuk memulihkan kejayaan dan pamor duniawi keluarga Mirza. Akan tetapi Hadhrat Ahmad berkecenderungan sebaliknya, bahkan beliau mengungkapkan perasaan beliau, bahwa “tidak menghendaki kekayaan dalam arti duniawi, akan tetapi kaya dalam arti rohani”. Sekedar hormat dan taat kepada ayahandanya, beliau acap kali juga menyelesaikan perkara-perkara pengadilan membantu ayahanda, akan tetapi sebenarnya beliau merasa enggan dan hati beliau selalu tertarik kepada urusan rohani dan mencari-cari kepuasan dalam berzikir dan beribadat kepada-Nya.

Kata beliau dalam sebuah syair :

“Aku punya Teman dan aku dipenuhi kecintaan-Nya.

Aku merasa muak dengan segala pangkat dan kehormatan dan

kulihat dunia dan pengikut-pengikutnya menderita kelaparan.

Namun negeri cintaku tak pernah mengalami kekurangan;

Manusia cenderung kepada kesenangan dunia,

Sedangkan aku cenderung ke Wajah yang memberi

kenikmatan dan kesahduan”.

Hadhrat Ahmad tidak pernah menduduki bangku sekolah, karena memang sekolah-sekolah tidak ada waktu itu di Qadian. Akan tetapi sebagai anak dari keluarga terhormat, beliau diasuh oleh guru-guru pribadi yang mengajarkan Al-Qur’an dan bahasa Parsi (Iran). Beliau menunjukkan bakat dan keinginan belajar yang luar biasa, dengan demikian kecintaan kepada Al-Qur’an tumbuh dan semakin meresap ke dalam hati sanubari beliau. Sebagai seorang yang mempunyai pembawaan suci, kebanyakan waktu beliau lewatkan di dalam mesjid, asyik membaca dan menelaah Al-Qur’an, dan sering orang mendapatkan beliau tengah berjalan mondar-mandir di mesjid itu dengan sebuah kitab di tangan – suatu tanda bahwa otak beliau penuh dengan daya dinamika dan hati penuh dengan kecintaan kepada Al-Qur’an.

Beberapa waktu sebelum Mirza Ghulam Murtadha wafat, Hadhrat Ahmad mimpi bahwa seorang malaikat datang kepada beliau dan menasehati beliau supaya menjalankan ibadah puasa tertentu sesuai dengan sunnah para Rasul Allah dan Waliullah untuk memungkinkan diri beliau menerima Rahmat Ilahi. Maka beliaupun menjalankan puasa-puasa itu dengan diam-diam tanpa diketahui orang. Beliau tinggal di sebuah kamar di tingkat atas dan mengatur agar makanan dibawakan ke kamar beliau. Dengan diam-diam beliau suka mengundang anak-anak yatim untuk makan bersama-sama. Sesudah dua atau tiga minggu berikutnya beliau memutuskan untuk mengurangi makanannya sedikit demi sedikit; akhirnya beliau cukupkan hanya makan sekerat roti saja untuk isi perut beliau sehari semalam. Dalam hari-hari itu banyaklah ru’ya dan kasyaf yang beliau saksikan. Puasa khusus yang beliau jalankan atas perintah Allah tersebut di atas berkali-kali dilakukan beliau dan kadang-kadang berjalan selama 9 (sembilan) bulan.

Pada tahun 1876 ketika Hadhrat Ahmad sedang tinggal di Lahore, beliau menerima ilham yang maksudnya bahwa ayah beliau akan segera tutup usia. Beliau segera pulang ke Qadian dan mendapati ayahanda sedang sakit. Beliau diberi khabar lagi oleh Allah, bahwa ayah beliau akan wafat sesudah matahari terbenam. Beliau sangat bersedih hati, karena beliau segera akan kehilangan tanah tempat berpijak dan ranting tempat bergantung. Kemudian menyusullah wahyu berikut yang berbunyi: “Alaisallaahu bikaafin ‘abdahu?”, artinya: “Apakah Allah tidak cukup bagi hamba-Nya?”. Beliau menulis dalam catatannya mengenai peristiwa itu demikian: “Waktu itu disusul oleh suatu perasaan lega, seperti layaknya suatu luka pedih tiba-tiba menjadi sembuh oleh suatu obat mujarab”. Sesuai dengan khabar ghaib itu, ayahanda beliau wafat sesudah matahari terbenam.

TAMPIL KEMUKA MEMBELA ISLAM

Pada masa itu badai perlawanan terhadap Islam menjadi-jadi, menerjang dari segala jurusan. Perlawanan yang paling sengit datang dari golongan Kristen dan sekte Hindu Arya Samaj, yang memburuk-burukkan nama dan pribadi Nabi Muhammad saw., sedangkan orang-orang Islam dijadikan bulan-bulanan, tak ubahnya seperti perahu dipermainkan gelombang samudra.

Dengan rasa pedih Hadhrat Ahmad menangkis serangan-serangan itu dengan  mengirimkan artikel-artikel dalam surat-surat kabar. Di saat menghebatnya serangan-serangan itu seringlah beliau menerima ilham-ilham yang mengandung khabar ghaib, yang kelak menjadi sempurna pada waktunya. Ketika serangan-serangan semakin gencar dan ulama-ulama lain tidak kuasa menjawab dan menangkis serangan-serangan itu beliau mengambil keputusan menulis buku yang terbit dengan judul “Barahin Ahmadiyah”. Jilid pertama terbit bulan Mei 1880. Untuk menerbitkan buku itu beliau tidak mempunyai dana. Lalu beliau berdo’a kepada Allah Taala dan hasilnya pun mengalirlah.

Di dalam buku itu beliau mengungkapkan ketinggian-ketinggian Islam serta mengumumkan bahwa bila ada seorang penganut agama lain dapat menampilkan ketinggian ajaran agamanya untuk menandingi ketinggian ajaran Islam seperti yang beliau uraikan, beliau bersedia memberikan hadiah sebesar 10.000 rupee. Ternyata tidak seorang pun yang sanggup memenuhi tantangan itu.

Alim ulama Islam di India mengakui keunggulan-keunggulan yang amat besar dari beliau dalam pembelaannya terhadap Islam. Kitab “Barahin Ahmadiyah” semakin masyhur dan dari beberapa kalangan orang suci datang anjuran-anjuran kepada beliau agar beliau menerima bai’at dari orang-orang, tetapi beliau selalu mengelak. Sampai akhirnya atas perintah Tuhan maka pada bulan Desember 1888 beliau mengeluarkan pengumuman tentang perlunya bai’at. Dan bai’at yang pertama dilakukan di kota Ludhiana pada tanggal 23 Maret 1889. Pada hari itu kurang lebih 40 orang bai’at ke tangan beliau dan yang pertama adalah Al Haj Maulvi Hakim Nuruddin, keturunan langsung Sayyidina Umar r.a. yang sesudah Hadhrat Ahmad berpulang ke rahmatullah menggantikan beliau menjadi Khalifatul Masih yang pertama.

DAKWA MENJADI MASIH DAN MAHDI YANG DIJANJIKAN

Dalam tahun 1890 beliau menulis buku yang berjudul “Fatah Islam” yang disusul  kemudian oleh karya berikutnya: “Tauzih Maram”. Kedua buku tersebut terbit tahun 1891 bersama kitab “Izala Auham”. Di dalam buku-buku itu beliau mengumumkan bahwa berdasarkan wahyu kepada beliau Allah Swt. telah menunjuk beliau sebagai Masih dan Mahdi yang dijanjikan. Pendakwaan beliau ini ditunjang oleh banyak ayat-ayat Al-Qur’an dan Sabda Suci Rasulullah saw. yang akan kami utarakan di pasal-pasal yang menyusul. Kita mencatat bahwa di dalam kitab “Barahin Ahmadiyah”, beliau masih memegang pendirian yang sama seperti kebanyakan kaum muslimin tentang Nabi Isa a.s. yaitu masih hidup di langit. Akan tetapi dalam tahun 1891, ketika beliau diberitahu dengan wahyu bahwa Nabi Isa a.s. telah wafat, beliau mengubah pendirian itu.

SEMINAR AGAMA-AGAMA

Pada tahun 1896, di kota Lahore, diadakan seminar agama-agama atas prakarsa beberapa tokoh yang bercita-cita hendak menghentikan sengketa antara agama di India. Dalam seminar itu wakil-wakil dari berbagai agama menampilkan lima pokok masalah, dengan syarat bahwa pengemukanya tidak boleh menyerang agama lain dan hendaknya mengemukakan dalil-dalilnya hanya berdasarkan kitab sucinya masing-masing. Kelima pokok itu adalah sebagai berikut :

1.   Keadaan Jasmani, Akhlak dan Rohani manusia.

2.   Keadaan manusia sesudah mati.

3.   Maksud hidup manusia dalam dunia ini dan jalan untuk mencapainya.

4.   Akibat dan natijah dari perbuatan dan amal manusia di dunia ini dan di

akhirat.

5.   Jalan-jalan untukmemperoleh ilmu dan ma’rifat.

Oleh Panitia Seminar tersebut beliau pun di minta untuk ambil bagian dan beliau menjanjikan akan turut. Sebelum seminar berlangsung, dari awal beliau sudah diberi khabar oleh Allah Taala bahwa karangan beliau akan unggul. Khabar itu beliau umumkan dalam surat-surat selebaran. Beliau sendiri tidak dapat hadir pada seminar itu, dan mengutus salah seorang pengikut beliau, Maulvi Abdul Karim, yang mendapat kehormatan membacakan karangan beliau.

Semua surat kabar mengakui dalam laporan masing-masing tentang keunggulan karangan beliau. The Theosophical Book Notes menulis: “Penampilan tentang agama Muhammad yang terbaik dan paling menarik, yang baru kita jumpai”.

Karangan beliau itu telah diterbitkan dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia dengan judul “Filsafat Ajaran Islam” dan bahasa Inggris dengan judul “The Teaching of Islam”.

Mengenai karangan itu pujangga Rusia kenamaan, Leo Tolstoy, menulis: “The ideas are very profound and very true”, yakni”gagasan-gagasannya sangat dalam dan benar”.

Harian “Bristol Times and Mirror” memberikan ulasan “Jelas, bukan orang sembarangan yang berdialog dengan orang Barat”.

“The Muslim Review” (India) menulis: “Dengan membacanya ternyata menghilangkan banyak salah pengertian tentang Islam”.

Semenjak beliau mendakwakan diri sebagai Masih dan Mahdi yang dijanjikan, tak ada lagi waktu yang terluang bagi beliau. Beliau seorang diri menghadapi perlawanan dari pihak musuh-musuh Islam dan bahkan dari kalangan kaum muslimin sendiri yang tidak menyadari tugas suci beliau, dan yang sama-sama melancarkan bermacam-macam fitnahan. Tetapi Allah Swt. selamanya menyelamatkan beliau dari segala fitnahan dan kesulitan-kesulitan yang ditimpakan kepada beliau dan Jemaatnya.

Pada tahun 1893 terbit buku beliau “Aina Kamalati Islam” yang berisikan uraian-uraian yang mencerminkan keindahan dan keluhuran agama Islam. Juga di dalam buku ini terdapat seruan kepada Ratu Victoria dari Inggris untuk memeluk agama Islam. Dengan kata-kata yang gagah dan berwibawa beliau menulis:

“Wahai Sri Baginda Ratu! Berlimpah-limpah kebajikan Tuhan yang Dia anugerahkan kepada Sri Baginda Ratu dalam urusan duniawi, kini dambakanlah kerajaan rohani. Bertaubatlah dan taatilah Dia yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai serikat dalam Kerajaan-Nya dan sanjunglah Dia ….”

Wahai Sri Baginda Ratu, terimalah Islam dan Baginda akan selamat”.

Pada tahun 1900 beliau menyempurnakan da’wah beliau kepada kaum Kristen dengan mengajak pendeta-pendeta di kota Lahore untuk “meminta Keputusan Ilahi” supaya Dia menyatakan siapa yang berdiri di pihak yang betul dan siapa di pihak yang bathil. Tetapi tantangan ini tidak diterima.

Pada tahun 1902 beliau mengarahkan pandangan ke Bangsa Eropa lalu menerbitkan majalah berbahasa Inggris bernama “Review of Religions” untuk mengajak orang-orang Eropa masuk ke pangkuan Islam.

Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad a.s. berpulang ke rahmatullah pada tanggal 26 Mei 1908 dan dikebumikan di Qadian setelah memberi pesan terakhir kepada Jemaatnya dalam Kitab “Al Wasiyat”. Beliau meninggalkan pengikut sebanyak 200.000 orang yang setia dan saleh.

TUGAS-TUGAS IMAM MAHDI A.S.

Yang dibebankan oleh Allah Taala di pundak beliau, secara singkat adalah sebagai berikut :

1.   Memperkenalkan kepada dunia tentang Tuhan Yang Maha Hidup dan Berkata-kata, seperti dahulu Dia Hidup dan Berkata-kata.

2.   Menghilangkan segala rintangan dan hambatan yang menghalangi antara Khalik dan makhluk-Nya.

3.   Memperkenalkan kepada dunia, bahwa Al-Qur’an-lah satu-satunya Kitab Suci dan Muhammad-lah satu-satunya Nabi yang sanggup menuntun ummat manusia ke jalan kebenaran dan yang diridhai oleh Allah Taala.

4. Membendung arus orang-orang Islam yang menyeberang ke agama Kristen dan lain-lain.

5.   Menggembalakan ummat Islam di bawah naungan seorang Imam dengan perantaraan Khalifah-khalifah pilihan Tuhan.

6.   Membuktikan kepada dunia bahwa Islam adalah agama yang hidup dan sanggup menjawab segala tantangan dan persoalan kehidupan ummat manusia di segala zaman

Sumber : Kami Orang Islam PB JAI (h.22-26)


0 Responses to “RIWAYAT SINGKAT PENDIRI JEMAAT AHMADIYAH”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: